Berita Terkini :
Home » , » Dede Yusuf Korban Pertama 'Tsunami' Politik PD

Dede Yusuf Korban Pertama 'Tsunami' Politik PD

Written By Unknown on Minggu, 24 Februari 2013 | 03.26

Calon Gubernur Jabar, Dede Yusuf
Jakarta,KabarManadoNews-Lembaga survei di bawah Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Citra Komunikasi (Cikom), melihat ada keunikan dari Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2013. Hasil hitung cepat Cikom, pasangan Dede Yusuf dan Lex Laksamana tergerus dari suara pasangan Rieke Dyah Pitaloka.
Direktur Eksekutif Cikom, Toto Izul Fatah, mengatakan pihaknya mulanya menggungulkan pasangan Dede Yusuf-Lex Laksamana dan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar yang akan bertarung dalam Pilgub Jabar kali ini. Namun, perkiraan tersebut meleset.
"Dede, based on research, adalah korban pertama gonjang-ganjing atau tsunami di Partai Demokrat pasca Ketua Umum Anas Urbaningrum ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK," kata Toto dalam jumpa pers di Kantor LSI, Jl Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (24/2/2013).
Akibatnya, lanjut Toto, pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki (Paten) menggerus suara pasangan nomor 3.
"Yang mengambil berkah dari suara tergerus Dede adalah Rieke. Alasan lainn, karena dua pasangan ini memiliki karakteristik pemilih yang sama yaitu nasionalis-sekuler. Jadi, Rieke yang sebelumnya diprediksi mencapai 16 persen saja menggerus suara Dede Yusuf-Lex Laksamana," terang Toto.
Cikom mencatat, dari sampel suara yang diambil dari 400 Tempat Pemilihan Suara (TPS) dan mewakili 200 ribuan pemilih, tercatat hingga pukul 15.40 WIB, suara pasangan nomor 4 (Aher-Demiz) mendominasi kemenangan versi hitung cepat, sebanyak 33,14 persen. Disusul pasangan Paten dengan meraup 27,92 persen, Dede-Lex 25,23 persen, Yance-Tatang 11,81 persen, dan terakhir pasangan Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib sebesar 1,89 persen.(dtc)
Share this post :

Posting Komentar